9 gambaran psikotes dan pengertiannya

Selamat pagi kawan

Setiap perusahaan yang akan merekrut karyawan baru pasti kita sebagai calon karyawan baru akan di hadapkan dengan yang namanya psikotes
semua perusahaan pasti melakukan  PSYCHOLOGY/TEST PSIKOTEST.
Lalu,seperti apa sih tes nya?
Inilah psikotes yang saya kerjakan waktu pertama kali ikut tes perusahaan,masih jelas teringat pusinya waktu itu hhe.

1. TES LOGIKA ARITMATIKA
Tes yang terdiri atas
deret angka. ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu (dalam wujud deret angka) untuk kemudian memprediksikan hal-hal lain berdasarkan pola tersebut.

Tipsnya:a. Jangan terpaku pada deret hitung atau deret ukur perhitungan matematika saja dan jangan terpaku pada 3-4 terdepan tapi lihat deret secara keseluruhan karena pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan Contoh:
*16 8 4 2 1 1/2 … ...
*45 15 18 6 9 3 … …

2. TES LOGIKA PENALARAN
terdiri atas deret gambar baik 2 maupun 3 dimensi.ini adalah tes kemapuan anda dalam memahami pola/kecenderungan (dalam wujud gambar) untuk kemudian melakukan prediksi berdasarkan pola anda tersebut.

Tips:Konsentrasi, hati-hati dan teliti. Karena bentuk-bentuk yang ditawarkan hampir serupa walau tak sama

3. TES ANALOG VERBAL
Biasanya ada sekitar 40 soal yang berisi sinonim/antonim/analog suatu kata. ini adalah tes kemampuan logika anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan.

Tips: konsentrasi dan gunakan logika,
Contoh:– wanita : kebaya = pria :a. sepatu b. baju c. topi d. jas

4. KRAEPLIEN / PAULI
Inilah tes paling pusing,,dan saat mengikuti tes banyak yang gagal di tes ini
Tes nya sendiri terdiri atas gugusan angka-angka yang tersusun secara membujur (atas-bawah) dalam bentuk lajur-lajur. Calon pegawai diminta untuk menjumlahkan duaangka yang berdekatan dalam waktu tertentu di setiap kolom dan menuliskan disampingnya.

Yang di lihat dalam tes ini adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, kemampuan daya penyesuaian diri, ketelitian sekaligus kecepatan dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

Tips: Usahakan jumlah angka yang dijumlahkan di masing-masing kolom stabil. Hasilnya akan lebih baik dari pada anda memaksakan diri di awal tes namun keteteran di pertengahan dan akhir tes.

5. WARTEGG TEST
8 kotak yang berisi bentukan-bentukan tertentu seperti titik, garis kurva, 3 garis sejajar, kotak, dua garissaling memotong, dua garis terpisah, tujuh buah titik tersusun melengkung dan garis melengkung. Anda diminta menggambar terus tuliskan urutan gambar yang anda buat, lalu tuliskan nomor gambar mana paling disukai dan tidak disukai,. Yang diukur dalam tes ini adalah emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek.

Tips:Urutan menggambar usahakan acak. Misalnya 1,3,2,5,4,6,8,7 Kalau anda menggambar dengan urutan  biasa seperti ini 1,2,3,4,5,6,7,8 anda akan dipandang/dilihat HRD sebagai orang yang kaku/konservatif.kalau anda menggambar secara acak anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif dan inovatif

6. DRAW A MAN TEST (DAM)
Anda diharuskan menggambar sesorang, kemudian anda deskripsikan usia, jenis kelamin dan aktifitas orang tersebut.
Tes ini untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Tips:Gambarlah orang tersebut secara utuh mulai dari ujung kepala sampai ke ujung kaki,jangan sampai ada yang terlewat dan usahakan yang sedang beraktifitas,saya dulu gambar petani

7. ARMY ALPHA INTELEGENCE TEST
Tes soal yang berisi kombinasi deretan angka dan deretan bentuk.
Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan daya tangkap Anda dalam menerima dan melaksanakan instruksi dengan cepat dan tepat.
Tips: Konsentrasilah kepada apa yang dikatakan narator, karena narator tidak akan mengulang instruksi tersebut dan waktunya pun cepat.
Sabar, jangan terburu menjawab, sebelum narator selesai memberikan instruksi.
Contoh tes nya begini:
Narator akan mediktekan soal contohnya berikut: “Coretlah angka ganjil dalam kotak dan coretlah angka genap yang berhuruf dalam lingkaran, kerjakan!” dan pada lembar jawaban anda isi sesuai perintah narator

8. MENGGAMBAR POHON
Ini tugas untuk menggambar pohon dengan kriteria : berkambium,bercabang dan berbuah.
Jadi jangan sekali-kali anda menggambar pohon jenis bambu, pisang, semak belukar .
Tips:usahakan menggambar secara detil dan rinci dari pohon tersebut seperti tangkai, bentuk daun, kerapatan daun, buah, akar bahkan alur pohon.

9. EDWARDS PERSONAL PREFERENCE SCHEDULE (EPPS)

Tes ini terdiri atas pilihan-pilhan jawaban yang paling mencerminkan diri anda. Tes ini  untuk mengetahui seberapa besar motivasi, kebutuhan dan motif seseorang.
Tips: Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur sesuai dengan kondisi anda,yang paling mendekati, karena pertanyaan akan berulang di nomor-nomor berikutnya, kalau jawaban anda tidak sinkron, hal ini akan merugikan Anda. Kejujuran anda terkait dengan cerminan kesesuaian diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar
Contoh soal:
– A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
– B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
– A. Saya merasa bahwa dalam banyak halsaya kalah dibandingkan orang lain–
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

Jujur,inilah tes yang sering saya kerjakan,hampir 4x tes dan semunya hampir sama
Dan alhamdulillah saya lolos terus sampai tes interview dan bisa kerja

Semoga ini membantu dan bermanfaat bagi kalian semua
Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

PT mikuni indonesia

PT SUBANG AUTOCOMP INDONESIA